Cara menghitung RAB agar anda lebih cermat menghitung
dengan Microsoft Excel:
1. Kalian
buatlah judul RAB terserah dicell mana , lalu tentukan lah bahan-bahan apa saja
yang ingin kalian masukkan,jika perlu beri kode agar mudah memberi rumus pada
excel, dan mulai buatlah tabel seperti gambar dibawah.
2. Lalu
pada kolom Satuan masukkan angka, maksudnya satuan itu adalah jumlah
bahan-bahan yang akan kita beli terserah sesuai kebutuhan anda, lalu dikolom Unit sama seperti jumlah barang yang
akan kita beli, selanjutnya dikolom Harga
Satuan itu adalah harga per biji bahan tersebut, seperti gambar dibawah
ini.
3. Jika sudah, lalu kita lanjut pada kolom jumlah
pada cell H6 kita maksukkan rumus =E6*G6, dan cell H7 juga sama =E7*G7. Dan
pada cell H8 =SUM(H6:H7). Begitu juga dengan dibawahnya rumusnya sama,tinggal
mengalikan dan dijumlah. Contohnya seperti gambar dibawah.
4. Dan
pada kolom Total jumlah keseluruhan dibawah yang berwarna merah dimasukkan rumus =H40+H32+H25+H16+H8 yaitu dengan
menjumlahkan hasil jumlah pada kolom berwarna kuning, seperti gambar berikut.
5. Jika
RAB sudah jadi seperti gambara diatas, anda juga harus membuat Rekapitulasi
Biaya maksudnya adalah harga bahan yang merupakan perhitungan dari rencana
anggaran biaya yang berfungsi untuk merekap hasil harga satuan sehingga mudah
dipahami, rumusnya sama seperti diatas , contoh:
RAB dan Rekapitulasi Biaya
sederhana sudah jadi, demikian tips dari saya jika kurang berkenan dihati
Sobat, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, Semoga bermanfaat. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar