Selasa, 14 Maret 2017

RAB SEDERHANA EXCEL



Hai kakak-kakak dan adik-adik disini saya akan memberikaan tips untuk membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) sederhana dengan mudah agar dapat mempermudah untuk menghitung banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan suatau usaha dan lainnya.
Cara menghitung RAB agar anda lebih cermat menghitung dengan Microsoft Excel:
1.      Kalian buatlah judul RAB terserah dicell mana , lalu tentukan lah bahan-bahan apa saja yang ingin kalian masukkan,jika perlu beri kode agar mudah memberi rumus pada excel, dan mulai buatlah tabel seperti gambar dibawah.


2.      Lalu pada kolom Satuan masukkan angka, maksudnya satuan itu adalah jumlah bahan-bahan yang akan kita beli terserah sesuai kebutuhan anda, lalu dikolom Unit sama seperti jumlah barang yang akan kita beli, selanjutnya dikolom Harga Satuan itu adalah harga per biji bahan tersebut, seperti gambar dibawah ini.


3.       Jika sudah, lalu kita lanjut pada kolom jumlah pada cell H6 kita maksukkan rumus =E6*G6, dan cell H7 juga sama =E7*G7. Dan pada cell H8 =SUM(H6:H7). Begitu juga dengan dibawahnya rumusnya sama,tinggal mengalikan dan dijumlah. Contohnya seperti gambar dibawah.

4.      Dan pada kolom Total jumlah keseluruhan dibawah yang berwarna merah dimasukkan rumus =H40+H32+H25+H16+H8 yaitu dengan menjumlahkan hasil jumlah pada kolom berwarna kuning, seperti gambar berikut.


5.      Jika RAB sudah jadi seperti gambara diatas, anda juga harus membuat  Rekapitulasi Biaya maksudnya adalah harga bahan yang merupakan perhitungan dari rencana anggaran biaya yang berfungsi untuk merekap hasil harga satuan sehingga mudah dipahami, rumusnya sama seperti diatas , contoh:
RAB dan Rekapitulasi Biaya sederhana sudah jadi, demikian tips dari saya jika kurang berkenan dihati Sobat, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, Semoga bermanfaat. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar